Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata”Hargai Jasa Pahlawan “

AN, Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta. Jokowi memimpin upacara hari pahlawan.

Jokowi tiba di TMPNU Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11) pukul 08.05 WIB bersama Wapres Ma’ruf Amin.

Beberapa menit kemudian Jokowi masuk ke lapangan upacara selaku Inspektur Upacara. Jokowi tampak mengenakan setelan jas warna hitam, dasi merah dan peci warna hitam.

Upacara dimulai setelah Komandan Upacara memberikan laporan. Ditandai dengan proses penghormatan kepada pahlawan dipimpin Komandan Upacara dengan diikuti sikap hormat senjata.

Proses kemudian dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya ditandai bunyi sirene selama 60 detik. Setelah itu Jokowi memimpin proses mengheningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tuga TMPNU Kalibata dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menag Fachrul Razi.

Usai Upacara,  Presiden dan Wakil Presiden kemudian melanjutkan prosesi dengan melakukan tabur bunga di TMPNU Kalibata

Jokowi meminta masyarakat untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan. Menurut Jokowi, dengan menghormati para pahlawan maka Bangsa Indonesia akan menjadi besar.

“Bangsa besar adalah bangsa yang mau menghargai, menghormati jasa-jasa pahlawannya,” ujar Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Jokowi meminta masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional dengan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

“Dan kita ingat bahwa para pahlawan telah berjuang, merebut, mempertahankan kemerdekaan kita, negara kita dan menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan, terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan yang lain-lainnya,” kata Jokowi.(SNI) 

Editor:  Soemardi Sinaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advokasinasional.com

FREE
VIEW