Juni 19, 2021

Gelar Sosperda, Delpin Barus: Untuk Meminimalisir Tindak Kekerasan Pada Anak dan Perempuan




AN, Simalungun-Anggota Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Sumut dapil IV, Delpin Barus menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah(Sosperda) di Nagori Nagori, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, Sabtu 29 Mei 2021.

Pantauan Jurnalis Simadanews dilokasi,Acara itu diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari, Sarimuliadin Sinaga sebagai ketua Gerhamas,kemudian Pangulu Nagori Sihalpe, Rimson Purba, Anggota DPRD Delpin Barus ,dan Ketua Himapsi Lamhot Saragih.

Pangulu Nagori, Rimson Purba dalam sambutannya mengatakan, mereka sangat merindukan pembangunan dikampungnya.

“Kami daerah terisolir tapi kami yakin bapak Radiapoh nantinya dapat menggerakkan kita lebih maju dibawah kepemimpinannya dengan gerakan slogan beliau Marharoan Bolon(Gotong-royong),”Kata Pangulu, Rimson Purba disaksikan Delpin Barus

Bahkan saat menyampaikan itu, pangulu terlihat mengeluarkan air mata , sangking rindunya pembangunan Infrastruktur didaerah mereka.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan membahas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2019 di narasumberi Parlin Dony Sipayung SH. MH yang juga Praktisi hukum di Siantar-Simalungun.

Tim Simadanews.com mencoba merangkum informasi dengan melontarkan sejumlah pertanyaan pada, Anggota DPRD Provinsi Sumut ,Delpin Barus.

Dia menjelaskan tujuan Sosperda ini adalah untuk mengedukasi masyarakat terkait kekerasan yang saat ini terjadi pada anak dan Perempuan.

“Kita sosialisasikan, khususnya di Sumatera Utara dan Daerah kita ini(Nagori Sihalpe) agar tidak menindak anaknya dengan kekerasan. Memang sudah ada Hukum yang mengatur atau bahkan perda, namun agar masyarakat lebih paham terkait Perda Nomor 3 Tahun 2019 ini,”Ujarnya.

Selain itu kata anggota DPRD Fraksi PDI-Perjuangan itu menuturkan sesuai kondisi jaman sekarang ini, anak diselimuti perkembangan jaman yakni orang tua Harus Gesit untuk mendidik anak.

“Kita sosialisasikan ini untuk meminimalisir kekerasan terhadap Perempuan dan anak. Nah, apalagi saat inikan jamannya media sosial, ada undang undang ITE. Kemudian orang tua juga mendidik anaknya agar tidak kena narkotika,”Ujarnya

Dia berharap, Masyarakat menerapkan didikan yang mengedukasi anak dengan tidak melakukan tindak kekerasan yang Verbal maupun non Verbal.

Kemudian acara dilanjutkan makan bersama dan menyerahkan Ulos Pamonting kepada Delpin Barus. Hadir dilokasi, Assosiasi Dearma Haranggaol, Mantan Ketua Himapsi, Rado Damanik, Ormas PPM ,Ormas PBB ,Tokoh masyarakat dan penduduk Nagori (SNI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advokasinasional.com

FREE
VIEW