Hermanto Sipayung SH: USI Layak Gagasi Pusat Laboratorium Toleransi dan Pluralisme di Indonesia

AN,Siantar-Sebagai perguruan tinggi pertama dan tertua di Kota Sintar-Simalungun, Universitas Simalungun (USI) diharapkan menjadi insiator atau penggagas menjadikan Siantar-Simalungun sebagai Laboratorium Toleransi dan Pluralisme di Indonesia.

Gagasan itu disampaikan Pengurus Ikatan Alumni Univeristas Simalungun (IKA-USI) Hermanto Sipayung SH, saat memberikan sambutan pada Sidang Terbuka Senat USI dengan acara Wisuda  Sarjana dan Magister Gelombang II di Gedung Auditorium Radjamin Purba USI, Kamis 19 Desember 2019.

Menurut Hermato Sipayung, sejak dulu Siantar-Simalungun dikenal sebagai daerah Paling Toleran se-Indonesia, sehingga sudah selayaknya Siantar-Simalungun dijadikan sebagai contoh bagi daerah lain dalam penerapan nilai-nilai toleransi dan pluralisme.

“Jadi USI membuat gagasan menginisiasi menjadi Siantar-Simalungun sebagai Pusat Laboratorium Toleransi dan Pluralisme di Indonesia,” kata pria yang berencana ikut bertarung pada Pilkada Siantar Tahun 2020 ini.

Mentor Gerakan Kebajikan Pancasila (GKP) ini, menyampaikan beberapa tahun terakhir dunia perguruan tinggi dihebohkan dengan masuknya paham-paham yang bertentangan dengan Ideologi Bangsa di dalam kampus.

Dan mengantisipasi semakin maraknya, paham yang bertentangan dengn nilai-nilai ideologi Bangsa atau nilai-nilai Pancasila, pemerintah sudah membuat aturan supaya kampus diwajibkan membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa Pembinaan Ideologi Bangsa (UKM-PIB).

“Jadi kami dari pengurus Alumni, menyarankan supaya USI menjalankan amanah Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018, tentang Pembinaan Ideologi Bangsa dalam Kegiatan Kemahasiswaan di lingkungan kampus,” saran Hermanto Sipayung.


Selain itu, Hermanto USI juga terus melakukan inovasi dalam pemberian pelayanan pendidikan  kepada mahasiswa dalam mengikti perkembangan teknologi informasi.

“Saat ini dunia digital semakin canggih, sehingga pelayanan pendidikan kepada mahasiswa juga bisa dilakukan dengan inovasi yang lebih baik lagi,” sebutnya.

Kepada para wisudawan, Hermanto menyampaikan selamat dan sukses serta mengajak para wisudawan nanti bergabung di IKA-USI. Dan selanjutnya, mengajak para alumni untuk terus meningkat inovasi, bersaing dengan sehat di dunia kerja dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Wisuda bukan akhir dari segalanya. Tapi awal dari perjuangan untuk menularkan ilmu, ide dan gagasan kepada bangsa dan Negara, sehingga nantinya ide dan gagasan itu bermanfaat bagi masyarakat. Dan para alumni USI harus mampu bersaing secara sehat dan tampil beda serta menjaga nama almamater USI dimanapun berada” pungkas Hermanto Sipayung mengkhiri.

Diketahui, melalui sidang terbuka senat, USI Wisudakan 449 dari Sarjana S1 dan S2. Acara itu digelar di Auditorium Rdjamin Purba Pematang Siantar, Sumut.(Ben/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advokasinasional.com

FREE
VIEW