Juni 19, 2021

Kodim 0603/Lebak gelar pembinaan dan kemampuan Teritorial Triwulan II Tahun 2021

AN, TANGERANG – gelar kegiatan Pembinaan Kesiapan (Binsiap) Aparat Kewilayahan (Apwil) dan Kemampuan
Teritorial (Puanter), Triwulan II TA.2021, bertempat di Aula Sunan Giri Makodim 0603/Lebak.Dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.Kamis (27/5/2021)

Pembukaan sosialisasi Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Bin Siap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter), Kodim 0603/Lebak. Bidang Teritorial TW II TA. 2021, secara resmi dibuka Dandim 0603/Lebak yang diwakili Mayor Inf Uung Kasdim 0603/Lebak.

Kegiatan Binsiap Apwil d
an Puanter dihadiri oleh Mayor Inf Uung, Kasdim 0603/Lebak, para Danramil, jajaran Kodim 0603/Lebak, Staf Makodim 0603/Lebak,beserta Babinsa Kodim 0603/Lebak

Pada kesempatan itu Mayor Inf Uung Kasdim 0603/Lebak  yang mewakili Dandim 0603/Lebak,membuka kegiatan tersebut sekaligus memberikan materi pada acara pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan II TA 2021,dan Menekankan Portkes ditengah wabah dalam memutus mata rantai virus covid-19.

Dengan perkembangan wilayah yang semakin kompleks terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi,Kpmando kewilayahan dalam pemberdayaan wilayah pertahanan yang dilaksanakan dengan Binter ,menyikapi hal tersebut.Maka kodim 0603/Lebak,berupaya melaksanakan pembinaan untuk terus meningkatan pengetahuan dan kemampuan prajurit Kowil,sesuai Pasal 8 UU Nomor.34 TA 2024,Tentang TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat,dalam aplikasinya.Pemberdayaan wilayah itu diselenggarakan oleh unsur Komando kewilayahan dengan metode Binter,sehingga Binter menjadi fungsi utama TNI AD dengan sasaran untuk mewujudkan ruang,alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan Hanneg.

Dalam kegiatan Bisiap,Apwil dan Puanter TA 2021,dihadapkan setiap prajurit teritorial Kodim 0603/Lebak,dapat menjabarkan strategi Binter ke dalam situasi dan kondisi saat ini, dalam menyikapi permasalahan yang timbul di lingkungan satuan maupun dilingkungan masyarakat binaannya masing-masing.

Lanjut Dandim 0603/Lebak,tujuan diselengarakannya kegiatan pembinaan kesiapan aparat wilayah dan kemampuan teritorial agar seluruh aparat Kowil menguasai pengetahuan yang terkandung dalam setiap materi Binsiap,Apwil dan Puanter,serta memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas Binter tingkat perorangan maupun satuan.

Kemudian saya sampaikan beberapa penekanan dalam kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial ini antara lain. 1. Terpeliharanya dan meningkatnya aparat Kowil yang dapat berinteraksi dengan keadaan situasi dan kondisi masyarakat wilayah binaan.

2.Terwujudnya mental,didplin dan semangat aparat yang tangguh dan profesional.

3.Terpeliharanya integritas kepibadian sebagai prajurit pejuang sesuai dengan jiwa Sapta Marga,sumpah prajurit, 8 wajib TNI,dan 11 azas ke pemimpinan TNI.

4. Memahami situasi dan kondisi lingkungan sosial masyarakat dan permasalahan,adat istiadat dan budaya yang ada diwilayahnya.

5. Mengenal dengan baik aparat pemerintah dan tokoh masyarakat yang ada dalam lingkungannya serta berpartisipasi dalam pelaksanaan Binter.

6. Terwujudnya prajurit yang mengerti dan dapat menggunakan teknologi informasi dalam mendukung pelaksanaan tugas Binter.

“Tentunya sebelum saya mengakhiri sambutan ini,saya sampaikan kepada seluruh anggota Babinsa untuk mengikuti kegiatan ini sampai dengan selesai.”pungkasnya.

Kasdim 0603/Lebak juga menambahlkan,”Dalam kegiatan tersebut dilakukan agar seluruh Komando kewilayahan menguasai pengetahuan dalam Binsiap,Apwil dan Puanter. Sehingga, ada kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Babinsa yang merupakan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI- AD wajib meningkatkan kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial, selain itu diperlukan kemampuan dan ilmu teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.”tambahnya.

(zharla/nita/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advokasinasional.com

FREE
VIEW