Warga Binaan Lapas Kelas II A Siantar Harapkan Dapat Perhatian dari Presiden

AN, Siantar-Pandemi wabah Virus Corona (Covid-19)menimbulkan kecemasan bagi masyarakat Indonesia.Apalagi pada para warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pematangsiantar, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Kecemasan para warga binaan atas atas penyebaran Virus Corona itu disampaikan melalui surat terbuka  pada Presiden Indonesia, Joko Widodo tertanggal 23 Maret 2020.

Dalam surat terbuka yang dituliskan, salah satu warga binaan , Hotlan Purba mengaku atas nama rekan-rekan penghuni Lapas Siantar itu berharap, adanya pertimbangan atau kebijakan dari Presiden dalam kesehatan mereka dengan menghadapi  Virus Corona itu.

Pasalnya, jika virus itu masuk ke Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan), maka puluhan ribu warga binaan di dalamnya akan terancam keselamatan mereka dalam waktu yang singkat.

Menurutnya, jika penyebaran Virus Corona itu sangat mudah tersebar di dalam Lapas. Ini karena para penghuni Lapas saling bersentuhan satu sama lain disebabkan over kapastitas hhuniaa.

“Semoga Bapak Presiden dapat memberikan perhatian yang serius dan pertimbangan atas keselamatan jiwa puluhan ribu orang yang ada di dalam Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia saat ini,” tulis Hotlan dalam surat terbuka.

Sementara, Kuasa Hukum Hotlan ,Sepri Ijon Maulana Saragih pada Rabu(25/3) juga mengungkapkan hal yang sama,yakni mengharapkan aspirasi dari kliennya.

“Kita berharap aspirasi dari klien kami dan seluruh warga binaan di Lapas Kelas II A Pematangsiantar mendapat perhatian dan solusi dari pemerintah. Penyebaran virus Corona/Covid 19 juga harus diantisipasi hingga ke Lapas. Sebab semua warga binaan itu juga manusia yang berhak memperoleh perlakuan yang sama dimuka hukum dan pemerintahan. Saya berharap ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, jangan sampai ada diskriminasi. Jika tidak diindahkan oleh pemerintah, kami akan tempuh upaya hukum yang berlaku. Ini demi tegaknya keadilan sosial dan kebaikan bersama, “(Red/Ben) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advokasinasional.com

FREE
VIEW