Dalam Menghadapi Covid-19, Semua Harus Bersinergi

AN, Jakarta-Dalam penanganan wabah Covid-19 melibatkan seluruh lapisan pemerintahan, mulai dari Presiden, menteri, gubernur, hingga para relawan di tingkat RT dan RW. Semua harus bekerja keras dan saling bersinergi.

Dalam menghadapi wabah Covid-19, bukan hanya pemerintah pusat yang bekerja tetapi juga para pemimpin daerah. Bukan hanya gubernur, walikota dan bupati yang tampil di depan, tetapi juga para ketua RT, ketua RW, Kepala Desa, Lurah dan Camat. Semua harus gesit mengatur wilayah masing-masing agar aman dan selamat dari wabah Covid-19.

Gaya para pemimpin kepala daerah tentu berbeda-beda. Ada yang sangat teknis dan ilmiah, ada yang sangat teliti dan detail, ada yang sangat merakyat, dan ada juga yang hanya pandai berorasi.

Masing-masing pemimpin daerah juga harus saling belajar, agar penanganan wabah dan dampak Covid-19 dapat efektif dan semakin baik di semua wilayah Indonesia.

Pemerintah pusat tidak mungkin melakukan segalanya sendirian. Di lapangan, adalah tugas bagi para pemimpin daerah yang menjalankan kebijakan dan menyalurkan bantuan dari pemerintah pusat.

Jadi, disaat bansos belum sampai ke daerah, bisa tanyakan langsung ke bupati/walikota hingga ke kepala desa di daerahnya masing. Tidak serta merta langsung menyalahkan Presiden. Di tengah situasi seperti sekarang ini, kita dapat melihat bahwa sinergi sangatlah penting.

Sinergi yang mulus di antara para pemimpin di berbagai tingkatan adalah kunci dalam menahan penyebaran wabah Corona dan mengelola kekhawatiran rakyat.

Para Ketua RT harus kompak dengan Ketua RW. Demikian juga dengan para walikota dan bupati dengan gubernur. Demikian pula dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Semua harus sinergi dan satu komando, agar semuanya berjalan mulus.

Bantuan sosial bertriliun-triliun dari pemerintah pusat akan terbuang percuma bilamana pemerintah daerah tidak menyalurkan dengan baik.

Mari kita beri penghargaan yang tinggi bagi para pemimpin daerah. Mereka memang tidak sempurna. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan. Tapi yang pasti mereka semua telah bekerja keras. Mereka bekerja untuk rakyat di wilayahnya masing-masing.(ISP) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advokasinasional.com

FREE
VIEW